Tradisi Unik Masyarakat Karduluk Sumenep Rayakan Lebaran Idul Fitri

(Warga Karduluk saat mengaji di makan sesepuh)


PRAGAANSTATION.COM, KARDULUK – Momentum Lebaran Idul Fitri, ada tradisi unik yang dilakukan masyarakat Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan Sumenep dalam merayakanannya.

Bacaan Lainnya

Masyarakat mendatangi beberapa asta atau kuburan sesepuh yang sudah meninggal dunia sambil memanjatkan doa dan menghatamkan Al-Qur’an setiap harinya hingga lebaran ketupat atau H+7 Lebaran Idul Fitri.

Abd. Hannan Salah satu masyarakat Desa Karduluk mengatakan kegiatan tersebut menjadi agenda rutin setiap tahun, saat perayaan Idul Fitri.

“Sudah menjadi tradisi masyarakat disini melaksanakan Khatmil Qur’an setiap harinya dengan mengkhatamkan Al-Qur’an ke beberapa kuburan sesepuh sambil memanjatkan doa,” ujarnya 

Nanang Sumekar, saap akrabnya melanjutkan, kegiatan itu digagas oleh Ustad Mutha’ie yang sudah berlangsung sekitar 7 tahun yang lalu.

“Sudah lama untuk agenda rutin itu, bahkan setiap tahunnya anggota Khatmil Qur’an terus mengalami peningkatan, karena tidak hanya warga Karduluk yang melaksanakan tapi warga dari desa lain ikut melaksanakannya, hanya saja dipusatkan di Desa Karduluk,” katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa meningkatkan keimanan dan masyarakat selalu mengingat jasa para sesepuh yang sudah mendahuluinya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *