Rais Syuriyah MWCNU Pragaan KH. Zarkasyi Bahas Urgensi Memburu Lailatul Qadar

 

Bacaan Lainnya

PRAGAANSTATION.COM, PRAGAAN – Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan KH. Zarkasyi Abdurrahim siang ini membahas urgensi memburu malam Lailatul Qadar di bulan ramadhan.

Alumni Pesantren Al-Amin ini mengatakan bahwa salah satu urgensinya mengejar Lailatul Qadar adalah untuk mengisi berbagai ketertinggalan kita selama ini dengan menyia-nyiakan waktu, termasuk ketertinggalan dari umat terdahulu.

“Ini satu dari keistimewaan yang khusus diberikan Allah SWT. pada umat Muhammad, umat yang malas beribadah. Dengan Lailatul Qadar kita diharapkan banyak melakukan ibadah,” ujarnya saat diundang sebagai narasumber di studio Pragaan Station, Kamis (21/03/2024).

Saat ditanya host mas Adi Rahman mengenai apakah setiap ibadah kecil yang kita lakukan di bulan ramadhan dapat dibilang mendapatkan malam Lailatul Qadar?. Pengasuh masjid Mustaqbil ini menjawab bahwa batasan yang disebut malam turunnya Lailatul Qadar itu dimulai sejak maghrib sampai terbitnya fajar. Tujuannya agar diwaktu itu diisi dengan memakmurkan malam dengan ibadah, seperti shalat tarawih, tadarus dan lain-lain, sehingga kita terbilang mendapatkan Lailatul Qadar.

Bahkan beliau meminta agar warga memperbanyak tadarus. Urgensi tadarus, katanya, malaikat Jibril biasa melaksanakan tadarus dengan kanjeng nabi Muhammad SAW. setiap bulan puasa datang.

“Kalau sedang mengaji al-Quran, sejatinya kita sedang berbicara dengan Allah. Dengan cara merasakan itu, maka akan semakin kuat cara ibadah kita,” ujarnya.

Cara lain memburu Lailatul Qadar, sambungnya, dengan mengobarkan semangat bersedekah di bulan ramadhan, terlebih di sepuluh akhir bulan ramadhan.

“Perbanyak ibadah dan sedekah, terutama di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Bahkan Rasulullah, mengencangkan ikat pinggang, beribadah semakin kencang, karena kuat dugaan turun Lailatul Qadar.” Ucapnya. (Zbr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *